Apa Itu Dosa

Posted by Diandra Chandra On April 25, 2012 6 COMMENTS

Diandra Chandra Apa Itu Dosa

Apa Itu Dosa ??

Buat aku pengertian dosa itu sangat mudah. Dosa itu menyakiti. Menyakiti apa??? Menyakiti yang merasa tersakiti. Masih belum faham?


Gini aja simpelnya. Pertanyaannya kenapa minum alkohol itu haram? Itu di karenakan alkohol dapat merusak anggota tubuh, sehingga menyebabkan kita menjadi sakit. Hal itu yang mebuat menjadi dosa. Jadi menyakiti apapun yang menjadi dan merasa sakit. Sebenarnya alkohol itu sendiri gak dosa menurutku jika di konsumsi, asalkan tidak membuat kita mabuk alias kehilangan kesadaran, karna sesungguhnya di dalam tubuh kita juga terdapat alkohol yang di hasilkan dari fregmentasi di usus besar yang fungsinya untuk membusukkan makanan. Tetapi banyak manusia yang salah mengartikan kalo agama bilang alkohol itu tidak haram. Karna banyak manusia yang hidupnya hanya menggunakan angan2 tanpa menggunakan hati sedikitpun.


Gimina? sudah jelas tentang apa itu dosa? Jadi intinya dosa adalah menyakiti. Untuk menghindari dosa, sebisa mungkin untuk tidak menyakiti apapun. Baik itu diri sendiri, orang lain, maupun sesuatu yang di sekitar kita. Jika kita bisa melalui itu, Insya Allah hidup kita akan tentram dan aman dari karma. Ada pepatah “Jika kau menanam padi akan tumbuh beras, Jika kau menanam jarum maka kau akan tertusuk sendiri”. Hukum karma itu ada, dan itu lebih sakit dan lebih adil.


Maka mulai dari sekarang, marilah kita untuk senantiasa berbuat baik, hindari perbuatan yang menyakiti. Gunakan hatimu dalam melakukan sesuatu, karna jika kau sering menggunakan hatimu, maka kau akan peka dan mengerti tentang kebaikan. Karena di hati lah letak semua kebaikan.


Bertanya dan diskusi boleh di postinganku yang ini… heheheh icon smile Apa Itu Dosa Pasti aku jawab kok..

Incoming search terms for the article:

Share/Bookmark

Related Posts:

6 Responses so far.

  1. Zee says:

    Sebenarnya penyederhanaan definisi itu bagus jg, tapi kalo konteksnya jadi ky gitu kok aku ga setuju ya :)
    Kalo dibilang ga berbahaya, ga menyakiti, itu dari sisi mana? Ilmu manusia kan terbatas. Kalo menurutku, ada hal2 yang memang harus kita ikuti tanpa perlu menyelidiki secara keilmuan/logika. Itu yg disebut percaya dgn sepenuh hati. Kalo pake logika/analogi manusia jadi ga pake hati lagi, karena manusia cenderung mencari pembenaran untuk apa yg menyenangkan untuk dirinya.
    Menurutku seperti itu, tapi memang kalo masalah keyakinan kembali ke diri masing2.

    • Hati sama dengan rasa.. Dengan segala kerendahan hati, aku tidak menyinggung apapun dalam hal ini. Teori itu kadang hanya membuat kita tau, tapi bukan memahami. Aku hanya membuat simple aja :)

      Btw makasih komennya :)

  2. teman lama says:

    bismillah
    piye kabare? lama tak jumpa. ikut nimbrung ya :)
    maaf ada sedikit koreksi, tidak apa-apa ya? hehe..

    1. ada keterangan dari hadist nabi yang sahih (benar) yang diriwayatkan oleh HR. Abu Daud no. 3681, At Tirmidzi no. 1865, An Nasa-i no. 5607, Ibnu Majah no. 3393. isinya :

    مَا أَسْكَرَ كَثِيرُهُ فَقَلِيلُهُ حَرَامٌ
    artinya “Sesuatu yang apabila banyaknya memabukkan, maka meminum sedikitnya dinilai haram.”

    2. dalam islam tidak ada karma, yang ada ada adalah hukuman bagi manusia atas perbuatannya baik nanti dihukum didunia atau diakhirat. sedangkan karma adalah keyakinan dari agama lain. pengertian karma tidaklah sama dengan hukuman atas dosa (dalam islam). pengertian karma bisa dilihat diwikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Karma

    maaf kalau ada salah kata :)
    barokallohufiikum

    • Halo bro ayub.. Piye kbre?
      Thanks ya udah mampir di webku :)
      Aku menghargai smua tulisanmu.
      Yang pasti pada akhirnya smua itu akan menjdai urusan kita masing2 dengan Allah SWT.. Hehehe

  3. Ratih Baladjam says:

    Hmm,, Aku setuju alkohol itu mmg tidak dosa hny j pengertian ttg alkohol itu sndr macem2 bentuknya dan alkohol itu mmg bnr bs merusak organ2 d’dlm tubuh manusia selagi lo mengkonsumsi alkohol itu berlebihan,,
    Jd itu smua balik lg k’diri masing2 bagaimana menyikapi ttg dosa dan alkohol,,

Leave a Reply


Sponsors